Beranda » pulau lombok » Upacara Metulak di Lombok

Upacara Metulak di Lombok

T Diposting oleh pada 7 May 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 98 kali

Suku Sasak, suku asli pulau Lombok memang unik untuk dibahas. Salah satu keunikan yang perlu dibahas adalah tentang Upaca Metulak yang dilakukan oleh Suku Sasak. Metulak sendiri berasal dari kata ‘tulak’ yang artinya kembali dan awalan ‘me’ yang kemudian menjadi kata ‘metulak’ atau mengembalikan. Itu arti dari kata Metulaknya sendiri sedangkan dari sisi istilah Metulak merupakan upacara tradisional yang dilakukan oleh Suku Sasak sebagai upacara tolak bala.

Upacara Metulak di Lombok

Tolak bala disini diartikan dengan menolak gangguan hama, bencana alam, penyakit dan juga roh-roh jahat yang ada di desa atau tempat tinggal mereka. Prosesi upacara ini yang juga disebut dengan ‘besentulak’ sudah ada dari leluhur Suku Sasak dari zaman Pra-Islam tepatnya di Desa Pujut, Lombok Tengah.

Walau sekarang Islam sudah masuk, tradisi ini masih dipertahankan dengan sedikit menambahkan unsur islam seperti berzanji atau dengan syair-syair yang berisi pujian yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW.

Adapun nilai-nilai dari Upacara Metulak di Lombok bisa dilihat seperti berikut:

Nilai kebersamaan. Nilai kebersamaan atau gotong royong dapat dilihat saat warga desa bergotong royong dan bersama-sama mempersiapkan acara. Rasa kebersamaan ini seperti satu ikatan keluarga besar yang indah. Mereka saling membutuhkan . Kehidupan sosial mereka dapat dilihat dari prosesi acara atau upacara ini. Tentu, nilai ini adalah nilai yang tinggi bagi warga atau Suku Sasak untuk tetap bisa lestarikan kebudayaan atau upacara ini.

Nilai ketaatan. Selain rasa kebersamaan, upacara ini juga memiliki nilai ketaatan terhadap agama dan adat. Sudah dari awal, upacara ini memang perintah leluhur atau adat yang akhirnya dikemas dengan campuran atau sentuhan serta unsur agama Islam. Ini juga terlihat dari prosesi khitan atau sunatan dan memotong rambut bayi baru lahir. Bisa disimpulkan bahwa Suku Sasak, selain pemeluk agama Islam, mereka juga penjaga adat istiadat.

Nilai simbol. Ada juga nilai simbol. Nilai ini bisa dilihat dari simbol, makna dan syarat-syarat tertentu dari upacara ini. Sebagai contoh, tape atau poteng merupakan sebuah simbol dari daging manusia. Tebu menjadi simbol tulang, sumping menjadi simbol sum-sum, jongkong menjadi simbol isi di dalam tubuh, tombek menjadi simbol isi di dalam tubuh juga serta ketupat dan tekel yang menjadi simbol pria dan wanita termasuk juga rowut yang menjadi simbol kehidupan.

Nilai melestarikan tradisi. Ini merupakan nilai penting dari sisi kebudayaan dan pelestarian adat dan tradisi. Nilai ini bisa dilihat dari pelaksanaan upacara Metulak. Upacara adat ini sudah menjadi tradisi leluruh Suku Sasak dari zaman dahulu kala. Oleh sebab itu, upacara ini juga merupakan upaya bagi warga Sasak untuk tetap bisa melestarikan dan menjaga tradisi leluhur ke generasi sekarang dan berikutnya. Ini bisa menjadi pesan penting.

Nilai ketelitian. Nilai ini bisa dilihat dari proses upacara adat Metulak. Upacara ini membutuhkan proses dari mulai persiapan baik sebelum dan sesudah termasuk juga saat prosesi berlangsung. Persiapan upacara sendiri tidak hanya tentang peralatan yang digunakan untuk upacara tetapi juga tentang tempat, watku serta pemimpin dan juga peserta. Semuanya memang harus dipersiapkan secara baik dan terorganisir. Ini diupayakan agar proses upacara ini dari awal sampai akhir berjalan lancar. Membutuhkan ketelitian agar upacara ini berjalan sesuai rencana.

Nilai keselamatan. Nilai ini tercermin dari kepercayaan warga Sasak sendiri. Mereka percaya bahwa alam dan manusia juga bisa mendapatkan gangguan dari hama, roh jahat dan penyakit. Sehingga ada upaya untuk menolaknya serta dikembalikan lagi agar terjadi keseimbangan. Upacara ini sendiri dilakukan selain karena perkara adat juga tentang kepercayaan warga Sasak sendiri.

Upacara Metulak di Lombok Desa Gumantar

Itu adalah beberapa point atau nilai-nilai penting yang bisa diambil dari proses upacara adat Metulak Suku Sasak yang hingga kini masih menjadi daya tarik bagi para wisatawan termasuk lokal dan mancanegara. Jika Anda berkunjung ke Lombok di waktu yang tepat dimana upacara ini akan dilangsungkan, tentu menjadi pengalaman yang menarik untuk bisa melihat dan mengikuti dari awal hingga akhir. Kita juga akan melihat nilai-nilai di atas dalam upacara ini.

Belum ada Komentar untuk Upacara Metulak di Lombok

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Upacara Metulak di Lombok

7 Oleh Oleh Khas Lombok yang harus Dibeli

7 Oleh Oleh Khas Lombok Yang Harus Dibeli

T 10 May 2017 F A pagitrans

Selain wisata alam dan wisata kuliner, bila Anda berkesempatan untuk berlibur ke Pulau Lombok, jangan sampai melupakan wisata belanja. Satu hal yang berkaitan dengan wisata belanja tentu saja apa lagi bila bukan oleh-oleh. Saat kita tengah mengunjungi suatu tempat yang... Selengkapnya

Mitos Mitos seputar Lombok

Mitos – Mitos seputar Lombok

T 1 May 2017 F A pagitrans

Tempat wisata memang tidak selalu menyajikan pemandangan yang eksotis nan romantis. Terkadang, dibalik keindahannya tersimpan juga cerita-cerita mistis dibelakangnya. Lombok menjadi salah satu tempat yang memiliki lokasi wisata yang mengagumkan. Namun, ada beberapa tempat lokasi di Lombok yang diyakini memiliki... Selengkapnya

3 Makanan yang Wajib Dicicipi Saat ke Lombok

3 Makanan yang Wajib Dicicipi Saat ke Lombok

T 7 May 2017 F A pagitrans

Bila berkunjung ke suatu obyek wisata satu hal yang banyak menjadi kebiasaan para wisatawan tentu memburu kuliner unik pada destinasi wisata tersebut. Hal yang sama tentu berlaku bagi Anda yang berkesempatan melancong ke pulau mungil nan cantik yaitu Pulau Lombok.... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap