Beranda » tips liburan » Tips liburan Islami

Tips liburan Islami

T Diposting oleh pada 12 May 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 119 kali

Tips liburan islami dapat dilakukan dengan cara berwisata religiyang dapat dilakukan untuk menambah dan memperkuat keimanan kita. Wisata religi ini salah satunya adalah dengan berziarah ke makam sembilan wali yang ada di Pulau Jawa. Napak tilas perjalanan walisongo dapat dimulai dengan berziarah ke makam dan petilasan mereka. Makam-makam ini tersebar di seluruh Pulau Jawa. Anda dapat mulai melakukan ziarah mulai dari Jawa Timur hingga Jawa Barat, ataupun sebaliknya.

Tips liburan Islami

Ziarah Makam Para Wali

Ada 9 wali yang dikenal sebagai penyebar Islam di Tanah Jawa. Jejak-jejak peninggalannya bisa ditemui di berbagai tempat hingga sekarang, termasuk makam tempat peristirahatan terakhir mereka. Berikut lokasi makam para walisongo yang ada di Pulau Jawa yang dapat menjadi salah satu tips liburan islami bagi Anda.

  • Makam Sunan Gresik

Sunan Gresik atau Syekh Maulana Malik Ibrahim yang dipercaya sebagai wali pertama yang menyebarkan ajaran Islam di Jawa. Sunan Gresik diperkirakan berasal dari Samarkand dan merupakan keturunan ke-22 dari Nabi Muhammad Saw. Makamnya berada di Desa Gapura Wetan yang tidak jauh dari alun-alun Gresik.

  • Makam Sunan Ampel

Makam beliau berada di Jalan Nyamplungan, Kota Surabaya, Jawa Timur. Lokasinya yang berada di pusat kota, membuat makam Sunan Ampel menjadi salah satu destinasi favorit yang mudah dijangkau oleh para wisatawan. Lokasi makamnya juga berdekatan dengan kawasan pecinan dan kampung Arab Jawa Timur.

  • Makam Sunan Giri

Sama halnya dengan makam Sunan Gresik, makam Sunan Giri juga berada di Gresik, tepatnya di puncak bukit yang berada di daerah Kebomas. Sunan Giri pada masa hidupnya, dikenal karena membangun sebuah pemerintahan mandiri bernama Giri Kedaton yang menjadi pusat dakwah Islam di Jawa.

  • Makam Sunan Bonang

Sunan Bonang merupakan putra dari Sunan Ampel. Ada 3 tempat yang dipercaya sebagai makam dari Sunan Bonang, yaitu di Rembang, Pulau Bawean dan Tuban. Namun, pendapat dari ahli sejarah dan tokoh agama meyakini jika makam Sunan Bonang yang asli terdapat di Tuban, Jawa Timur.

  • Makam Sunan Drajat

Sunan Drajat juga merupakan putra dari Sunan Ampel dan memiliki nama asli Raden Qasim. Pesantrenya terletak di Desa Drajat, Paciran Lamongan. Makam beliau juga terletak di kawasan tersebut.

  • Makam Sunan Kudus

Sunan Kudus terkenal akan mahakaryanya dalam membangun Masjid Menara Kudus. Masjid ini merupakan penggabungan arsitektur Hindu, Buddha dan Islam. Lokasi makam Sunan Kudus juga tidak jauh dari Masjid Menara Kudus yang sangat mudah dijangkau oleh para peziarah.

  • Makam Sunan Kalijaga

Salah satu murid Sunan Bonang ini dikenal sebagai seorang wali yang giat menyebarkan ajaran Islam menggunakan seni kebudayaan, seperti tembang dan kesenian wayang kulit. Beliau dimakamkan di daerah Demak, tidak jauh dengan kompleks pemakaman keluarga Kerajaan Demak.

  • Makam Sunan Muria

Sunan Muria merupakan salah satu putra dari Sunan Kalijaga. Makamnya berada di puncak Gunung Muria, Jawa Tengah. Peziarah harus mendaki tangga sejauh kurang lebih 500 meter untuk mencapai lokasi makam. Bagi yang tidak kuat mendaki, tersedia jasa angkutan ojek yang siap mengantarkan sampai ke puncak bukit.

  • Makam Sunan Gunung Jati

Satu-satunya walisongo yang dimakamkan di daerah Jawa Barat, Sunan Gunung Jati sebelumnya bernama Syarif Hidayatullah. Lokasi makamnya terdapat di Astana Gunung Sembung, Cirebon. Di sebelah makamnya, merupakan makam dari ibu kandung beliau yang bernama Nyai Rara Santang, putri dari Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi.

Tips liburan Islami di lombok

Selain berziarah ke makam para wali, tips liburan islami lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengunjungi masjid-masjid bersejarah yang juga merupakan peninggalan para walisongo. Masjid-masjid tersebut di antaranya adalah Masjid Sunan Ampel, Masjid Agung Demak, Masjid Menara Kudus, dan Masjid Agung Cirebon.

Belum ada Komentar untuk Tips liburan Islami

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Tips liburan Islami

Alasan Mengapa tidak Pakai Celana Jeans saat Travelling

Alasan Mengapa tidak Pakai Celana Jeans saat Travelling

T 14 April 2017 F A pagitrans

Travelling adalah sebuah cara yang tepat untuk menghilangkan sebuah kebosanan. Ya, biasanya manusia akan memiliki rasa jenuh yang akan semakin bertambah seiring dengan banyaknya kegiatan yang dilakukannya selama sehari-harinya. Ketika waktu liburan tiba maka perasaan bahagia akan timbul dengan merencanakan... Selengkapnya

Tiga Cara Menuju Lombok

Tiga Cara Menuju Lombok

T 28 April 2017 F A pagitrans

Berkunjung ke suatu tempat yang baru tentunya meninggalkan kesan tersendiri. Ditambah lagi dengan panorama alam yang mungkin terus tetap melekat pada ingatan kita. Hal ini tentunya sangat diinginkan oleh banyak orang. Biasanya kunjungan dilakukan dengan menggunakan masa liburan yang panjang... Selengkapnya

Mengenal Suku Sasak Suku Asli Lombok

Mengenal Suku Sasak, Suku Asli Lombok

T 18 April 2017 F A pagitrans

Lombok memang tempat yang sangat istimewa untuk wisatawan. Bagaimana tidak, pulau Lombok yang lokasinya berdampingan dengan pulau Dewata Bali ternyata memiliki banyak kesamaan dari sisi wisata alam, pantai juga kebudayaan termasuk juga urusan kuliner. Maka, baik wisatawan lokal maupun asing,... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap