Beranda » pulau lombok » Lombok Destinasi Wisata Halal Dunia

Lombok Destinasi Wisata Halal Dunia

T Diposting oleh pada 9 May 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 199 kali

Pada ajang kompetisi dunia The World Halal Travel Summit/Exhibition 2015(WHTS 15) pariwisata Indonesia boleh berbangga atas suksesnya tanah air kita menyabet penghargaan sebagai pemenang pada 3 kategori. Pada kompetisi yang diselenggarakan di Abu Dhabi Uni Emirate Arab (UEA) pada tanggal 21 Oktober 2015 Indonesia berhasil menyabet 3 penghargaan yaitu World’s Best Halal Tourism Destination, World’s Best Family Friendly Hotel, Dan World Best Halal Honeymoon Destination. Dari ketiga gelar bergengsi tersebut, destinasi wisata Pulau Lombok sukses meraih kemenangan di 2 kategori yaitu World’s Best Family Friendly Hotel, dan World Best Halal Honeymoon Destination.

Lombok Destinasi Wisata Halal Dunia

Kado manis ini tentu tak lepas dari upaya Gubernur NTB, Zainul Majdi yang sering mengingatkan masyarakat NTB untuk terus mendukung kemenangan bagi tanah air melalui voting agar Indonesia terpilih sebagai penerima award tersebut. Pada awalnya banyak yang menduga bahwa pulau Lombok akan sulit meraih kemenangan pada ajang tersebut karena ternyata sebagian besar masyarakat tak mengetahui bahwa Lombok terpilih sebagai salah satu nominator dan berkompetisi dengan negara-negara  yang selama ini telah mengembangkan konsep wisata halalnya seperti Turkey, Maroko, Malaysia, Maroko, serta UEA.

Hal ini diduga karena kurangnya himbauan visual atau promosi kepada masyarakat oleh pemerintah atau dalam hal ini adalah dinas pariwisata provinsi NTB dalam mengampanyekan predikat yang menjadi kebanggaan pulau Lombok karena sukses menjadi nominator. Kurangnya kampanye tersebut dapat dibuktikan dengan tak ada  satupun baliho atau spanduk yang mempromosikan wisata halal di jalan-jalan raya atau pun kantor dinas pariwisata NTB yang menginformasikan keikutsertaan Lombok pada ajang bergengsi ini. Hal ini tentu sangat disayangkan.

Lalu mengapa konsep wisata halal yang seharusnya membanggakan daerah NTB ini seolah menjadi anak tiri oleh dinas pariwisata walaupun sebelumnya gubernur NTB selalu mengingatkan masyarakat untuk melakukan voting agar Lombok berhasil meraih gelar bertingkat internasional ini? Ternyata alasannya, pihak Dinas Pariwisata baru mengetahui informasi terpilihnya Lombok sebagai nominator sebulan menjelang pengumuman sehingga tak cuku waktu untuk membuat program kampanye secara maksimal. Hal ini tentu bisa dijadikan bahan evaluasi agar ke depan nanti hal-hal seperti ini bisa diatasi dengan lebih baik.

Apa pun yang melatarbelakangi kondisi tersebut, yang jelas kemenangan pulau Lombok pada ajang tersebut memancing berbagai reaksi positif dari berbagai pihak. Sejak dua tahun silam memang merupakan cita-cita Gubernur NTB untuk menetapkan Lombok dan Sumbawa sebagai tujuan wisata halal atau yang sebelumnya berlabel wisata syariah. Sesungguhnya awal mula bahwa destinasi wisata tersebut termasuk sebagai nominator adalah pemberitahuan dari Andi Buchanan yang merupakan CEO Worl Halal Summit and Exhibition dan mengatakan bahwa pihak WHTS 15 sangat kagum menyaksikan video youtube yang bertajuk Holiday is Lombok Sumbawa dan meminta pemerintah daerah untuk mengirimpkan salah satu destinasi wisata di pulau tersebut.

Lombok Destinasi Wisata Halal Dunia Dan Terbaik

Setelah berunding akhirnya pihak yang berwenang memutuskan untuk mengirimkan salah foto air terjun Tiu Kelep dan tak menunggu terlalu lama foto tersebut menjadi high light pada sebuah majalah travel halal. Mengapa foto tersebut destinasi wisata tersebut yang terpilih, hal ini memang disengaja demi menunjukkan sesuatu yang berbeda dengan negara pesaing terberat yaitu Abu Dhabi dan Antalya. Sebagai negara di kawasan Timur Tengah, tentu saja pemandangan alam yang demikian tak terdapat di dua negara tersebut. Pada majalah travel halal tersebut selain dimuat foto air terjun juga terdapat tulisan Lombok is Indonesia halal jewel atau perhiasan halal Indonesia. Sebuah gelar yang membanggakan bagi masyarakat Lombok khususnya dan seluruh warga negara Indonesia umumnya.

Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui bahwa WHTS 15 atau World Halal Travel Summit/Exhibition ini adalah ajang kompetisi pariwisata halal yang diselenggarakan oleh pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) dan diikuti oleh sekitar 200 negara di seluruh dunia. Terdapat 14 kategori gelar yang dikompetisikan dan pulau kebanggaan masyarakat Indonesia tersebut berhasil meraih 2 gelar atau 2 kategori. Untuk kategori World’s Best Halal Honeymoon Destination, pulau Lombok berkompetisi dengan Uni Emirat Arab dan Turki, sementara untuk kategori World’s Best Halal Tourism Destination, Lombok bersaing dengan Malaysia atau Kuala Lumpur dan Abu Dhabi Uni Emirat Arab.

Nah, semoga ulasan ini bisa menambah wawasan Anda.

Belum ada Komentar untuk Lombok Destinasi Wisata Halal Dunia

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Lombok Destinasi Wisata Halal Dunia

7 Tempat Wisata Lombok yang Rugi Kalau tidak Dikunjungi 7 Tempat Wisata Lombok yang Rugi Kalau tidak Dikunjungi
T 20 April 2017 F A pagitrans

Selain pulau Dewata Bali, wisata di Pulau Lombok juga merupakan salah satu tempat tujuan wisata di tanah air yang cukup populer hingga ke dunia internasional. Obyek wisata di lokasi ini memang sebagian besar menawarkan wisata alam yang cukup lengkap mulai... Selengkapnya

3 Makanan yang Wajib Dicicipi Saat ke Lombok 3 Makanan yang Wajib Dicicipi Saat ke Lombok
T 7 May 2017 F A pagitrans

Bila berkunjung ke suatu obyek wisata satu hal yang banyak menjadi kebiasaan para wisatawan tentu memburu kuliner unik pada destinasi wisata tersebut. Hal yang sama tentu berlaku bagi Anda yang berkesempatan melancong ke pulau mungil nan cantik yaitu Pulau Lombok.... Selengkapnya

Upacara Metulak di Lombok Upacara Metulak di Lombok
T 7 May 2017 F A pagitrans

Suku Sasak, suku asli pulau Lombok memang unik untuk dibahas. Salah satu keunikan yang perlu dibahas adalah tentang Upaca Metulak yang dilakukan oleh Suku Sasak. Metulak sendiri berasal dari kata ‘tulak’ yang artinya kembali dan awalan ‘me’ yang kemudian menjadi... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Mencari harga terbaik sesuai dengan budget anda ? hubungi kami sekarang juga, dapatkan penawaran harga yang selalu bersahabat kepada anda.