Beranda » pulau lombok » 3 Makanan yang Wajib Dicicipi Saat ke Lombok

3 Makanan yang Wajib Dicicipi Saat ke Lombok

T Diposting oleh pada 7 May 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 136 kali

Bila berkunjung ke suatu obyek wisata satu hal yang banyak menjadi kebiasaan para wisatawan tentu memburu kuliner unik pada destinasi wisata tersebut. Hal yang sama tentu berlaku bagi Anda yang berkesempatan melancong ke pulau mungil nan cantik yaitu Pulau Lombok. Nah, inilah rekomendasi tiga kuliner tradisional yang wajib Anda coba bila berlibur ke pulau Lombok. Selain citarasanya yang lezat, pada destinasi wisata ini Anda juga tak terlalu kesulitan menemukan tiga jenis kuliner ini karena tersedia hampir di setiap rumah makan atau restoran besar dan kecil.

3 Makanan yang Wajib Dicicipi Saat ke Lombok

Nah, inilah 3 Makanan yang Wajib  Dicicipi Saat ke Lombok

 Plecing kangkung

Sayuran kangkung tentu sudah sangat familiar dengan lidah hampir seluruh masyarakat di tanah air, tetapi jenis sayuran yang satu ini di Nusa Tenggara Barat sedikit berbeda. Tak seperti sayuran kangkung yang ditanam di pulau Jawa, kangkung di Lombok ditanam di sunga mengalir dengan cara tradisional khusus sehingga menghasilkan kangkung dengan batang yang lebih besar dan daun yang lebih lebar. Citarasanya pun lebih lezat, renyah, tetapi lembut. Inilah sebabnya kuliner plecing kangkung Lombok sangat populer bahkan bagi para wisatawan.

Untuk mengolahnya, pertama kangkung direbus, setelah itu dicampurkan dengan bumbu urap dari bahan tomat, cabai rawit, serta terasi Lombok yang gurih dan manis. Rekomendasi restoran untuk menikmati seporsi kangkung plecing yang lezat adalah Rumah Makan Dua-EM yang berada di Jl. Transmigrasi 99 Mataram. Hidangan ini paling lezat disantap dengan nasi panas yang harum dan pulen. Tak hanya lezat, karena bahan dasarnya yang merupakan sayuran, kuliner yang satu ini tentu juga sehat bagi Anda. Plecing kangkung sangat cocok bagi Anda pecinta kuliner pedas.

Ayam bakar Taliwang

Anda belum mengunjungi Lombok bila belum mencicipi Ayam Bakar Taliwang khas Lombok. Kuliner tradisional yang satu ini dibuat dari ayam kampung yang masih muda, yaitu berumur sekitar tiga hingga empat bulan sehingga citarasanya akan lebih khas yaitu empuk dan manis. Hidangan tradisional ini pada umumnya diolah dengan cara tradisional yaitu digoreng atau dipanggang dengan kayu kopi atau nangka sehingga menghasilkan aroma yang lebih enak sekaligus nyalanya juga lebih tahan lama. Cicipilah menu ayam lezat ini di restoran Ayam Bakar Taliwang Irama di daerah Cakranegara atau Warung Bang Udin yang selalu ramai dikunjungi masyarakat lokal atau pun wisatawan asing.

Sate Bulayak

Tanah air kita memang sangat populer dengan hidangan sate dan hampir di setiap daerah terdapat jenis kuliner yang satu ini dengan kekhasan masing-masing daerahnya seperti misalnya sate Madura, sate Ponorogo, sate Klathak, dan lain-lain. Di Pulau Lombok juga ada hidangan sate yang sangat terkenal yaitu sate Bulayak. Nama sate ini diambil dari hidangan pendampingnya yaitu bulayak yang sejatinya adalah sejenis ketupat atau lontong yang dibungkus dengan daun enau atau aren dan berbentuk spiral memanjang. Untuk mendapatkan bulayaknya, Anda harus membuka daunnya dengan gerakan memutar. Citarasa bulayak ini bila dibandingkan dengan lontong atau ketupat sesungguhnya lebih gurih dan lembut.

Sementara untuk satenya terbuat dari daging atau jeroan yang disiram bumbu khas tradisional suku Sasak dan dihidangkan bersama sambal dengan diberi kucuran air jeruk nipis terlebih dahulu sebelumnya. Bumbu satenya pun sanat istimewa dan unik, yaitu kacang tanah yang disangrai tanpa minyak kemudian ditumbuk hingga lembut. Setelah itu bumbu kacang direbus dengan santan kental yang banyak hingga mengingatkan kita pada bumbu kari. Cara menghidangkan kuliner khas ini juga terbilang unik karena penjual atau restoran tak menyediakan sendok atau garpu sehingga Anda harus mencocolkan bumbu sate pada bulayak dan langsung menyantapnya.

3 Makanan yang Wajib Dicicipi Saat ke Lombok dan lezat

Anda bisa mencoba kuliner yang satu ini di halaman Pura Lingsar Taman Narmada, Makam Loang Baloq, Taman Suranadi, beberapa sudut jalan Udayana, serta Pantai Senggigi. Para pedagang sate bulayak di pantai ini pada umumnya juga menyediakan minuman es kelapa muda yang segar langsung dari tempurungnya. Sungguh nikmat diteguk sebagai penghilang rasa pedas sate yang telah disantap.

Belum ada Komentar untuk 3 Makanan yang Wajib Dicicipi Saat ke Lombok

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait 3 Makanan yang Wajib Dicicipi Saat ke Lombok

Mitos Mitos seputar Lombok Mitos – Mitos seputar Lombok
T 1 May 2017 F A pagitrans

Tempat wisata memang tidak selalu menyajikan pemandangan yang eksotis nan romantis. Terkadang, dibalik keindahannya tersimpan juga cerita-cerita mistis dibelakangnya. Lombok menjadi salah satu tempat yang memiliki lokasi wisata yang mengagumkan. Namun, ada beberapa tempat lokasi di Lombok yang diyakini memiliki... Selengkapnya

7 Tempat Wisata Lombok yang Rugi Kalau tidak Dikunjungi 7 Tempat Wisata Lombok yang Rugi Kalau tidak Dikunjungi
T 20 April 2017 F A pagitrans

Selain pulau Dewata Bali, wisata di Pulau Lombok juga merupakan salah satu tempat tujuan wisata di tanah air yang cukup populer hingga ke dunia internasional. Obyek wisata di lokasi ini memang sebagian besar menawarkan wisata alam yang cukup lengkap mulai... Selengkapnya

Lombok Destinasi Wisata Halal Dunia Lombok Destinasi Wisata Halal Dunia
T 9 May 2017 F A pagitrans

Pada ajang kompetisi dunia The World Halal Travel Summit/Exhibition 2015(WHTS 15) pariwisata Indonesia boleh berbangga atas suksesnya tanah air kita menyabet penghargaan sebagai pemenang pada 3 kategori. Pada kompetisi yang diselenggarakan di Abu Dhabi Uni Emirate Arab (UEA) pada tanggal... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Mencari harga terbaik sesuai dengan budget anda ? hubungi kami sekarang juga, dapatkan penawaran harga yang selalu bersahabat kepada anda.